Planet

PT KBI Peduli Terhadap Lingkungan terutama perkebunan dan pertanian terkait dengan komoditas.

People

PT KBI senantiasa meningkatkan perekonomian untuk indonesia yang lebih baik.

Social

PT KBI senantiasa mempererat tali sialhturahmi dan kepedulian melalui kegiatan sosial.

TANGGUNG JAWAB SOSIAL

Kegiatan Sosial Kemasyarakatan PT KBI (Perseroan) memiliki komitmen untuk menjalankan Tanggung Jawab Sosial terhadap pengembangan masyarakat secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Pengembangan masyarakat merupakan suatu proses penguatan masyarakat secara aktif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip keadilan sosial, partisipasi dan kerja sama yang setara dan membangun.

Sebagai perusahaan BUMN, Perseroan juga senantiasa menjalankan corporate social responsibility (CSR) melalui Program Kemitraan di bidang usaha kecil dan Program Bina Lingkungan dengan melibatkan partisipasi masyarakat secara langsung. Berikut ini beberapa kegiatan yang yang dilaksanakan Perseroan dalam bidang sosial kemasyarakatan selama tahun 2016


PROGRAM KEMITRAAN DAN BINA LINGKUNGAN

Unit PKBL – PT KBI (Persero)

Dalam rangka melaksanakan program Corporate Social Responsibility menuju sebuah perusahaan berpredikat “ Good Corporate Governance (GCG )“ PT KBI (Persero) melalui Unit PKBL , sejak tahun 1989 hingga sekarang, secara rutin memberikan dana kemitraan kepada para pengusaha kecil dan koperasi yang berada diseluruh wilayah DKI dan Jawa Barat, namun sejak Mei 2010 dilakukan perluasan daerah penyaluran menjadi seluruh wilayah Jawa, dalam rangka turut membantu menbiayai program Resi Gudang kepada para kelompok – kelompok tani.

Selama tahun 2017, telah dilakukan 137 (seratustigapuluhtujuh) kegiatan yang meliputi penagihan dan pembinaan kepada mitra binaan, melakukan presentasi ke beberapa BUMN untuk bekerjasama, melakukan koordinasi dengan Kementerian BUMN, melakukan koordinasi dengan BAPPEBTI, melakukan survey dan pendampingan calon penerima Program Kemitraan (pembiayaan) dengan jaminan Resi Gudang, melakukan koordinasi dengan calon Pengelola Gudang BUMD Pendaringan – Solo. Selama tahun 2017, total program kemitraan telah direalisasikan terdiri dari: penggunaan dana untuk pemberian pinjaman modal kerja sebesar Rp 5.845 juta atau sebesar 195 % dari target sebesar Rp.3.000 juta, penyaluran melebihi target karena adanya penyaluran pembiayaan resi gudang kepada petani dan gabungan kelompok tani untuk jangka waktu kurang dari 6 bulan sehingga dalam 1 tahun dapat dilakukan lebih dari satu penyaluran. Sedangkan untuk pengembalian pokok pinjaman dan jasa administrasi dari mitra binaan terealisasi sebesar Rp7.741 juta (223%) dari target sebesar Rp 3.478 juta.

BINA LINGKUNGAN

Pada tahun 2017, PT KBI (Persero) telah menganggarkan penyaluran dana untuk Program Bina Lingkungan sebesar Rp 135,00 juta. Sampai dengan Triwulan IV tahun 2017 dana bina lingkungan baru disalurkan sebesar Rp 5 juta. Program Bina Lingkungan yang dilakukan PT KBI (Persero) memprioritaskan bantuan yang langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,seperti membantu meningkatkan/membangun infrastruktur bagi masyarakat, peningkatan kualitas sarana sosial seperti perbaikan gedung sekolah, rumah ibadah dan bencana alam, kedepannya akan menjalin kerjasama dengan lembaga – lembaga sosial kemasyarakatan seperti Rumah Zakat, Rumah Singgah anak jalanan,Sekolah Anak pemulung dll, agar penyaluran bantuan dapat tepat sasaran dan merata.(PKBL)