Logo

menu

PT KBI Logo Mobile

Logo

Logo BUMN

INFO

KBI Talk Show Sistem Resi Gudang (SRG)

oleh DSPPTKBI, 23 May 2019

KBI  Talk Show Sistem Resi Gudang (SRG)

Rabu 22 Mei 2019 PT KBI (Persero)dan BAPPEBTI menghadiri acara talk show yang diselenggarakan oleh TVRI Bangka Belitung bertemakan “Optimalisasi SRG dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani”.
Sesuai dengan fungsinya, KBI memiliki peran sebagai Pusat Registrasi Resi Gudang (Pusreg) dalam Sistem Resi Gudang (SRG). Berdasarkan Undang-undang Resi Gudang, Pusat Registrasi adalah Badan Usaha berbadan hukum yang mendapat persetujuan Badan Pengawas untuk melakukan penatausahaan resi gudang dan derivatif resi gudang yang meliputi pencatatan, penyimpanan, pemindahbukuan kepemilikan, pembebanan hak jaminan, pelaporan, serta penyediaan sistem dan jaringan informasi.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) Bapak Indrasari Wisnu Wardhana dengan di dampingi oleh Direktur Utama PT KBI (Persero) Bapak Fajar Wibhiyadi dan perwakilan dari Bank Sumsel Babel, Bapak Irwan. Sesuai fungsinya, BAPPEBTI dalam sistem resi gudang bertugas sebagai pengawas yang bertugas melakukan pembinaan, pengaturan, dan pengawasan terhadap kegiatan yang berkaitan dengan Sistem Resi Gudang. Lembaga yang di beri persetujuan oleh BAPPEBTI adalah :

1. Pengelola Gudang
2. Lembaga Penilaian Kesesuaian.
3. Pusat Registrasi Resi Gudang.

Talk Show SRG ini bertujuan agar masyarakat Bangka Belitung mendapatkan informasi lebih dalam tentang SRG yang dapat dijadikan alternatif serta jalan keluar bagi masyarakat dan petani untuk menunjang tercapainya peningkatan kesejahteraan hidup. SRG juga dapat meningkatkan nilai jual komoditas unggulan di tiap-tiap daerah, dalam hal ini komoditas lada yang menjadi unggulan Bangka. Dengan adanya SRG tersebut menunjukkan Pemerintah bersama BUMN selalu hadir dan membantu memajukan perekonomian masyarakat Indonesia.

Hak Cipta © 2017 Kliring Berjangka Indonesia (Persero).
Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang

SICS

PT. Kliring Berjangka Indonesia (Persero)

Graha Mandiri Lt.3 - Jl. Imam Bonjol No.61 Jakarta 10310
Telp : 021 - 39833066 Fax : 021 - 39833715