Logo

menu

PT KBI Logo Mobile

Logo

Logo BUMN

INFO

PT KLIRING BERJANGKA INDONESIA (PERSERO) TERAPKAN APLIKASI KOMUNIKASI TERINTEGRASI

oleh DSPPTKBI, 19 November 2019

PT KLIRING BERJANGKA INDONESIA (PERSERO) TERAPKAN APLIKASI KOMUNIKASI TERINTEGRASI

Jakarta – Pemanfaatan teknologi informasi telah merambah ke semua sektor bisnis. Faktor kecepatan dan integrasi diyakini merupakan salah satu komponen penting, sehingga korporasi menggunakan teknologi sebagai alat utama dalam kegiatan bisnis. Tidak hanya di sektor swasta, kini dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pun juga telah memanfaatkan teknologi untuk mendorong kinerja.
Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) mengatakan, “Kita saat ini ada di era teknologi. Mau tidak mau kita harus mengikuti, kalau tidak kita yang akan tertinggal. Itu yang saat ini menjadi salah satu konsern kami. Aspek teknologi informasi jelas sangat dibutuhkan untuk mendorong kinerja kami. Dengan mayoritas karyawan dari kalangan milenial, PT KBI tentu harus menempatkan dan memberikan ruang bagi mereka untuk bisa menunjukkan kinerjanya. Dan, pemanfaatan teknologi, khususnya dalam hal Aplikasi Teknologi Terintegrasi telah menjadi tuntutan.”
Dengan memiliki aplikasi komunikasi terintegrasi, BUMN yang memiliki sekitar 60 karyawan ini telah menempatkan aspek teknologi informasi menjadi salah satu faktor dalam peningkatan kinerja. Kesan BUMN yang dulunya kaku dan birokratif, kini secara perlahan telah berubah. Aktifitas kerja yang dulunya dilakukan secara manual, kini telah bertransformasi dengan menggunakan teknologi digital.
Selanjutnya Fajar Wibhiyadi menambahkan, “Di era 4.0 seperti sekarang ini, semua serba digital. Namun yang lebih ditekankan, adalah bagaimana kita bisa merubah bagaimana Digital Technologi yang ada, menjadi sebuah Digital Transformations. Kita harus bisa mentransformasi, untuk bisa lebih cepat, lebih murah, dan tentu efisien. Dan salah satu kuncinya adalag faktor komunikasi. Kita saat ini sudah ada email, sudah ada aplikasi percakapan yang bisa diakses melalui telepon pintar. Namun, apabila itu semua dibuat dan diaplikasikan secara terintegrasi, yang menyangkut alur pekerjaan, tentu akan memberikan dorongan terhadap kinerja perusahaan.”

Dalam upaya meningkatkan kinerja perusahaan tersebut, PT Kliring Berjangka Indonesia akan mulai menerapkan aplikasi komunikasi digital “Wideboard”. Sebuah aplikasi komunikasi terintegrasi yang dikembangkan oleh anak-anak muda Indonesia”.
Fajar Wibhiyadi menambahkan “Kami sangat mengapresiasi kepada anak-anak muda Indonesia yang telah menciptakan dan mengembangkan aplikasi komunikasi terintegrasi Wideboard ini. Kami optimis, penerapan aplikasi teknologi komunikasi yang terintegrasi ini, dapat menjadi solusi atas kebutuhan dari PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), untuk terus meningkatkan kinerjanya”.
Dalam hal penerapan teknologi informasi, sebelumnya PT Kliring Berjangka Indonesia telah menerapkan beberapa aplikasi, seperti Aplikasi ISWARE, SKD dan SITNa. Aplikasi ISWARE yang diterapkan dalam layanan Resi Gudang ini, merupakan aplikasi bagi Pemilik komoditas yang tersebar di berbagaitempat di Indonesia dapat dengan mudah mendaftarkan komoditasnya kedalam Sistem Resi Gudang, untuk dapat diterbitkan dokumen Resi Gudang secara realtime dan relatif cepat. Sedangkan SITNa, merupakan Sistem informasi transaksi nasabah yang memungkinkan nasabah melihat transaksi yang terdaftar di PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero). Dengan aplikasi ini, nasabah menjadi lebih aman dan terjamin.
Fajar Wibhiyadi menambahkan, “Penggunaan teknologi informasi seperti Aplikasi Wideboard, STINa, SKD maupun ISWARE, merupakan langkah strategis yang dilakukan PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), untuk selalu siap dalam menghadapi era 4.0”

Hak Cipta © 2017 Kliring Berjangka Indonesia (Persero).
Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang

SICS

PT. Kliring Berjangka Indonesia (Persero)

Graha Mandiri Lt.3 - Jl. Imam Bonjol No.61 Jakarta 10310
Telp : 021 - 39833066 Fax : 021 - 39833715