Logo

menu

PT KBI Logo Mobile

Logo

Logo BUMN

INFO

BAPPEBTI Hentikan Seminar PBK Ilegal

oleh DSPPTKBI, 22 July 2019

BAPPEBTI Hentikan Seminar PBK Ilegal

Yogyakarta, 22 Juli 2019 - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan didampingi Korwas Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Polda Yogyakarta menghentikan acara seminar yang tidak memiliki izin Bappebti pada Minggu, (21/7), di salah satu hotel di kota Yogyakarta. Seminar terkait perdagangan berjangka komoditi (PBK) bertajuk “Bincang Bisnis OctaFX Explorer” tersebut menjadi ilegal karena diselenggarakan broker asing bernama OctaFX yang tidak memiliki izin usaha sebagai pialang berjangka dari Bappebti.

Bincang Bisnis OctaFX Explorer tersebut menghadirkan pembicara Hilda Oktoviarni dan Rizal Hadi Wicaksono, serta dihadiri sekitar 91 pesert a. Kepala Bappebti lndrasari Wisnu Wardhana menjelaskan, penghentian seminar itu dilakukan untuk menegakkan hukum dan melindungi masyarakat dari investasi ilegal.

“Kegiatan yang diselenggarakan pialang berjangka tanpa izin ini dilakukan untuk memberikan kepastian hukum kepada pe/aku bisnis di bidang PBK yang te/ah mengantongi izin dari Bappebti. Se/ain itu juga untuk memberikan edukasi bagi masyarakat agar /ebih berhati-hati apabi/a ado undangan seminar/presentasi bisnis terkait investasi yang tidak berizin dari Bappebti, 11 tegas Wisnu.

Wisnu melanjutkan, Bappebti telah memantau acara Bincang Bisnis OctaFX Explorer yang diselenggarakan di beberapa kota pada beberapa bulan terakhir. Pada proses pemantauan kegiatan yang diduga ilegal, Bappebti meminta keterangan dari para pembicara, penyelenggara, dan para pihak yang terkait dengan acara tersebut termasuk dari pengelola hotel. Bappebti telah menghentikan kegiatan sejenis di beberapa kota di Indonesia seperti Surabaya dan Pekanbaru.

Berdasarkan pasal 6 Peraturan Kepala Bappebti Nomor 83/BAPPEBTI/Per/06/2010 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kegiatan Promosi atau lklan, Pelatihan, dan Pertemuan di Bidang Perdagangan Berjangka Komoditi, setiap pihak yang berkedudukan hukum di Indonesia dan/atau di luar negeri yang belum memiliki izin usaha dari Bappebti sebagai bursa berjangka, lembaga kliring berjangka, pialang berjangka, penasihat berjangka, atau pengelola sentra dana berjangka; dilarang melakukan kegiatan usaha perdagangan berjangka, antara lain melalui promosi atau iklan, pelatihan, dan pertemuan mengenai perdagangan berjangka di indonesia .

“Bappebti akan menghentikan setiap kegiatan penawaran kontrak berjangka, kontrak derivatif, dan/atau kontrak derivatif lainnya yang dilakukan dengan atau tanpa menggunakan promosi, pe/atihan, seminar don kegiatan sejenis meskipun tanpa menghimpun dona margin, yang tidak memiliki izin dari Bappebti, 11 tandas Wisnu.
Selain itu, Kepala Biro Peraturan Perundang-Undangan dan Penindakan Bappebti M. Syist menegaskan, Bincang Bisnis OctaFX Explorer juga diduga melanggar Pasal 49 ayat (la) Jo . Pasal 73D ayat (1) Jo. Pasal 74 Undang-Undang No. 10 Tahun 2011 tentang Perubahan atas UU No. 32 Tahun 1997 tentang PBK (UU PBK). Pelanggaran ini diancam dengan pidana 5-10 tahun, serta denda Rpl0.000.000.000 (sepuluh miliar) sampai dengan Rp20.000.000.000 (dua puluh miliar).

“Bappebti memiliki wewenang yang diamanatkan UU PBK untuk mewajibkan setiap pihak menghentikan kegiatan yang diduga melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang PBK,” tegas M. Syist .

Tindakan tersebut, lanjut Syist, diambil semata-mata untuk mencegah kerugian masyarakat sebagai akibat tindakan melawan hukum ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang PBK; serta memberi kepastian hukum terhadap semua pihak yang memiliki izin usaha, izin, persetujuan, atau sertifikat dari Kepala Bappebti.

M. Syist pun mengimbau kepada masyarakat yang ingin berinvestasi di bidang PBK agar sebelumnya melakukan beberapa langkah antisipasi. Pertama, melakukan pengecekan legalitas izin usaha perusahaan pialag berjangka si situs web www.bap pebti.go.id. Kedua, mengenali jenis investasi dan risikonya. Ketiga, mengecek apakah perusahaan memiliki rekening terpisah untuk menampung dana nasabah. Keempat, tidak mudah tergiur dengan iming-iming janji pasti untung dan penghasilan tetap (fixed income ). Kelima, jangan segan menghubungi Bappebti selaku otoritas jika masih merasa ragu terhadap legalitas perusahaan dan mekanisme transaksi PBK melalui SMS Center 08111109 901.

“Penegakan hukum terhadap kegiatan ilegal seperti ini akan terus kami lakukan di seluruh Indonesia dengan maksud memberikan efek jera bagi para pe/aku seka/igus melindungi masyarakat,” pungkas Syist.

—selesai-­
lnformasi lebih lanjut hubungi: Fajarini Puntodewi
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Perdagangan
Telp/ Fax : 021-3860371/021-3508711
Email : pusat humas@ke mendag.go.id

Hak Cipta © 2017 Kliring Berjangka Indonesia (Persero).
Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang

SICS

PT. Kliring Berjangka Indonesia (Persero)

Graha Mandiri Lt.3 - Jl. Imam Bonjol No.61 Jakarta 10310
Telp : 021 - 39833066 Fax : 021 - 39833715