Logo

menu

PT KBI Logo Mobile

Logo

Logo BUMN

LAYANAN

KLIRING BERJANGKA

Setiap perdagangan berjangka, baik multilateral maupun bilateral, di Bursa Berjangka Jakarta membutuhkan suatu lembaga kliring yang berfungsi sebagai penjamin penyelesaian kontrak antara pialang berjangka dan pedagang berjangka, dan atas fungsi tersebut lembaga kliring mendapatkan fee berdasarkan jumlah volume transaksi per lot.

Secara rinci layanan Lembaga Kliring dapat dijabarkan sebagai berikut:

Pendaftaran Kontrak

Kontrak berjangka yang telah sepadan di bursa dan Kontrak Derivatif dalam Sistem Perdagangan Alternatif (SPA) yang telah sepadan di luar Bursa dikirimkan secara elektronik ke Lembaga Kliring. Setelah kontrak tersebut diterima oleh jaringan pendukung Lembaga Kliring akan dilakukan verifikasi terhadap kelengkapan data Kontrak Berjangka dan Derivatif tersebut, termasuk di dalamnya verifikasi terhadap kode Anggota Kliring, kode Anggota Bursa Non Anggota Kliring, kode nasabah, produk, bulan, lot, dan harga. Verifikasi yang dilakukan sistem Lembaga Kliring juga menyatakan posisi Anggota Kliring apakah dia bertindak sebagai penjual atau pembeli.

Fungsi Subtitusi

Lembaga Kliring akan melakukan fungsi novasi atau substitusi untuk transaksi kontrak berjangka/derivatif yang didaftarkan oleh Anggota Kliring Pembeli dan Penjual. Melalui proses novasi atau subtitusi, Lembaga Kliring akan menjamin hak dan kewajiban Pembeli untuk setiap Anggota Kliring Penjual dan akan menjamin hak dan kewajiban Penjual terhadap setiap Anggota Kliring Pembeli. Rekonsiliasi Dengan Bank Penyimpan

Kliring (Perhitungan Hak dan Kewajiban)

Atas setiap kontrak yang terdaftar dan merupakan suatu kontrak terbuka, Lembaga Kliring akan melakukan perhitungan keuntungan dan kerugian atas kontrak tersebut berdasarkan harga penyelesaian yang ditetapkan oleh Bursa.

Penyelesaian Transaksi

Pada hakikatnya ada 4 (empat) jenis penyelesaian yang dapat dilakukan untuk menutup posisi, yaitu: · Penyelesaian Transaksi Secara Likuiditas/Offset · Penyelesaian Transaksi Secara Penyerahan Fisik · Penyelesaian Transaksi Secara Tunai · Penyelesaian Transaksi Secara Tukar Fisik Berjangka

Rerekonsiliasi Bank

Rekonsiliasi saldo rekening setiap Anggota Kliring dengan Bank Penyimpan dilakukan oleh Lembaga Kliring secara harian dan bulanan. Untuk iuran bulanan dan biaya layanan jasa lainnya yang ditatausahakan pada rekening bulanan tidak terpisah dilakukan secara bulanan. Sedangkan rekonsiliasi penerimaan dan pembayaran margin serta perhitungan pengelolaan dana jaminan dan dana kliring ditatausahakan pada rekening terpisah dilakukan secara harian. Rekonsiliasi tersebut dilakukan dengan membandingkan hasil laporan Bank Penyimpan dengan hasil laporan dari Sistem Kliring Derivatif (SKD).

Laporan Transaksi

  • Lembaga Kliring harus sudah menyediakan informasi posisi (beli/jual) dan laporan keuangan setiap Anggota Kliring pada pagi hari sebelum jam perdagangan dimulai.
  • Apabila posisi keuangan Anggota Kliring menunjukkan kekurangan, maka Anggota Kliring tersebut harus melaksanakan pembayaran kewajibannya kepada Lembaga Kliring selambat-lambatnya sebelum jam perdagangan dibuka pada hari yang sama dengan cara yang ditentukan oleh Lembaga Kliring. Apabila posisi keuangan sebuah Anggota Kliring menunjukkan kelebihan, Anggota Kliring tersebut dapat menarik kelebihan dananya dengan mengajukan surat permohonan terlebih dahulu
  • Lembaga Kliring berhak menutup setiap jumlah yang menjadi kewajiban Anggota Kliring kepada Lembaga Kliring dengan jumlah yang menjadi kewajiban Lembaga Kliring kepada Anggota Kliring.

Pengelolaan Agunan

Selain dalam bentuk tunai, KBI dapat juga menerima pembayaran margin awal dalam bentuk bilyet deposito atau bentuk lain yang ditetapkan oleh Lembaga Kliring dari waktu ke waktu untuk mata uang Rupiah ataupun US Dollar. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi transaksi Perdagangan Berjangka dan Derivatif. Agunan ini dikelola oleh Lembaga Kliring dengan laporan diberikan secara berkala kepada Anggota Kliring.

Teknologi Informasi

Lembaga Kliring menyediakan sebuah sistem untuk setiap Anggota Kliring yaitu Sistem Kliring Derivatives (SKD) yang digunakan oleh Anggota Kliring untuk berkomunikasi dengan Lembaga Kliring.

 
 

Hak Cipta © 2017 Kliring Berjangka Indonesia (Persero).
Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang

SICS

PT. Kliring Berjangka Indonesia (Persero)

Graha Mandiri Lt.3 - Jl. Imam Bonjol No.61 Jakarta 10310
Telp : 021 - 39833066 Fax : 021 - 39833715