Logo

menu

PT KBI Logo Mobile

Logo

Logo BUMN

LAYANAN

SISTEM INFORMASI TRANSAKSI NASABAH (SITNa)

SITNA Berinvestasi atau melakukan lindung nilai dalam bentuk kontrak berjangka komoditi merupakan alternatif yang dapat dipilih masyarakat. Investor dapat memanfaatkan adanya fluktuasi harga berupa kenaikan atau penurunan harga underlying komoditi, untuk meraih keuntungan investasidi Perdagangan Berjangka Komoditi. Namun demikian, dapat pula terjadi sebaliknya, investor menderita kerugian apabila salah mengambil posisi terhadap pergerakan fluktuasi harga underlying komoditinya.

Mengingat dalam Perdagangan Berjangka Komoditi selalu diberlakukan margin yang merupakan leverage, maka akan terjadi peningkatan keuntungan atau kerugian diatas normal. Prinsipnya “high risk high return”. Untuk itulah perlu adanya pengaturan yang lebih ketat, dan diperlukan peran SRO yang mampu menjaga intergitas industri Perdagangan Berjangka Komoditi.

KBI sebagai BUMN menjalankan penugasan sebagaimana amanat Undang Undang Perdagangan Berjangka Komoditi dan Undang-undang BUMN dengan mengedepankan fungsi memelihara integritas keuangan industri Perdagangan Berjangka komoditi serta menjalankan prinsip-prinsip Good Corporate Governance.

Untuk diketahui, jumlah produk yang diperdagangkan melalui Bursa Berjangka adalah sebanyak 983 produk kontrak yang terdiri dari: 2% produk Multilateral dan 98% produk Sistem Perdagangan Alternatif (SPA). Produk Multilateral terdiri atas: Olein , Kopi , Cocoa, CPO, dan Emas. Sedangkan produk SPA terdiri atas: Index, Cross Currency, Loco London, dan CFD (Contract for Differences) Saham.

Dalam rangka meningkatkan kinerja industri Perdagangan Berjangka Komoditi, PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) (KBI) bekerja sama dengan Jakarta Futures Exchange (JFX) serta dengan dukungan Bappebti, maka pada tanggal 4 November 2015 diadakan sosialisasi Sistem Informasi Transaksi Nasabah (SITNa), dan SITNa diluncurkan secara resmi pada tanggal 10 November 2015, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Latar belakang KBI bekerja sama dengan JFX meluncurkan SITNa adalah untuk memberikan tambahan informasi oleh SRO kepada investor atas transaksi yang telah dilakukannya. Jadi, selain monitoring transaksi nasabah melalui laporan konfirmasi transaksi (trade confirmation) yang disediakan oleh pialang berjangka, maka setiap nasabah yang melakukan transaksi kontrak berjangka dapat juga memonitor hasil transaksinya melalui SITNa secara real time dari waktu ke waktu. Pada prinsipnya, setiap investor yang bertransasksi perdagangan berjangka melalui pialang yang transksinya terjadi pada JFX dan KBI, berhak untuk memperoleh akses ke SITNa.

Untuk keperluan memonitor transaksinya tersebut melalui SITNa, kepada setiap nasabah akan diberikan user name dan password melalui Pialang dari nasabah yang bersangkutan. Selanjutnya nasabah dapat mengakses pada laman www.sitna-kbi.com. Pembuatan user name dan password dilaksanakan didalam sistem SITNa pada modul Anggota Kliring.

SITNa di desain untuk dapat dipergunakan melalui beragam perangkat. SITNa secara dinamis mendukung ukuran layar yang berbeda-beda pada perangkat mobile baik berupa tablet maupun smartphone ataupun perangkat komputer desktop ataupun laptop, yang terhubung ke internet.

SITNa mulai aktif berfungsi secara penuh pada tanggal 10 Nopember 2015. Apabila terdapat hal-hal yang perlu ditanyakan lebih lanjut oleh Nasabah tentang transaksinya, nasabah yang bersangkutan dapat berhubungan langsung dengan Pialang Anggota Kliring dimana nasabah tersebut melakukan transaksi.

Sebagai lembaga kliring penjamin dan penyelesaian transaksi, KBI melalui SITNa dapat meningkatkan kepercayaan nasabah, memberikan kenyamanan nasabah bertransaksi, dan meningkatkan transparansi, serta menaikkan citra positif industri Perdagangan Berjangka. Demikian pula, diharapkan secara otomatis akan memudahkan perusahaan pialang berjangka untuk meyakinan investor dalam bertransaksi di Perdagangan Berjangka.

Keterangan lebih lanjut terkait pertanyaan mengenai SITNa dapat menghubungi:

  • Anggota Kliring atau Anggota Bursa/Pialang Kepercayaan anda, atau
  • Buka situs SITNa, terdapat penjelasan lebih lanjut dalam FAQ, Browsing melalui http://www.sitna-kbi.com
  • PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) melalui:

MODUL PANDUAN SITNA UNTUK AK & INVESTOR

User Manual SITNA untuk Anggota Kliring

User Manual SITNA untuk Investor

Hak Cipta © 2017 Kliring Berjangka Indonesia (Persero).
Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang

SICS

PT. Kliring Berjangka Indonesia (Persero)

Graha Mandiri Lt.3 - Jl. Imam Bonjol No.61 Jakarta 10310
Telp : 021 - 39833066 Fax : 021 - 39833715