Logo

menu

PT KBI Logo Mobile

Logo

Logo BUMN

TATA KELOLA

PELAPORAN PELANGGARAN

SISTEM PELAPORAN PELANGGARAN

Dalam rangka memperkuat penerapan Good Corporate Governance, PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) pada 19 Juni 2014 telah membentuk Tim Whistleblowing System dengan Surat Keputusan Direksi PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Nomor 21/K-KBI/VI/2014 Tentang Tim Whistleblowing System pada PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero).
Tugas utama tim ini adalah  sebagai berikut :

  1. Menerima laporan Whistleblowing dari semua pihak baik melalui surat, email, faximile, telepon dan website yang ditujukan kepada Ketua Tim WBS; 2. Memproses Whistleblowing System sesuai dengan tata kerja pengelolaan kebijakan Whistleblowing System;
  2. Melakukan pengelolaan pelaporan gratifikasi;
  3. Melaporkan secara triwulanan hasil pada huruf a dan b kepada Direksi dan Dewan Komisaris

Di samping itu, PT KBI (Persero) telah menetapkan Kebijakan Pelaporan Penyimpangan atau Pelanggaran (Whistleblowing System) pada tanggal 13 November 2014 melalui Surat Keputusan Bersama Komisaris dan Direksi PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Nomor: 01/DEKOM-DIR/KBI/XI/2014 Tentang Kebijakan Pelaporan Penyimpangan atau Pelanggaran (Whistleblowing System) pada PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero).

Disamping itu, Perseroan juga telah mengeluarkan Surat Keputusan Direksi Nomor 42/K-KBI/XII/2014 tanggal 16 (enam belas) Desember 2014 berkaitan dengan Pengaturan Penerimaan dan Pemberian Gratifikasi pada PT KBI (Persero). Atas masukan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Surat Keputusan Direksi Nomor 42/K-KBI/XII/2014 tersebut telah diubah guna penyempurnaan dengan SK Direksi Nomor 23A/K-KBI/XI/2015 tentang Perubahan Atas Keputusan Direksi Nomor 42/K-KBI/ XII/2014 tentang Pengaturan Penerimaan dan Pemberian Gratifikasi pada PT KBI (Persero).

Penerapan Whistleblowing System (WBS) adalah bagian dari sistem pengendalian internal dalam mencegah praktik penyimpangan dan kecurangan. Melalui penyelenggaraan WBS, diharapkan PT KBI (Persero), khususnya pimpinan, dapat mengatasi permasalahan secara internal terlebih duhulu sebelum permasalahan tersebut merebak ke ruang publik yang dapat mengurangi reputasi organisasi.

Penanganan Pelaporan Pelanggaran atau Penyimpangan Rancang bangun WBS yang disusun sesuai Keputusan Bersama Dewan Komisaris dan Direksi PT KBI (Persero) adalah sebagai berikut: Pelaporan Penyimpangan atau Pelanggaran Pegawai dilakukan dengan menyampaikan laporan secara tertulis yang ditujukan kepada Tim WBS untuk penyelesaian penyimpangan atau pelanggaran dengan cara:

  1. Memasukkan laporan ke kotak pengaduan yang berada di lingkungan Perseroan, atau
  2. Mengirimkan laporan melalui email dengan alamat whistleblowing@ptkbi.com, atau
  3. Menyampaikan laporan melalui SMS ke 0822 1071 1701, atau
  4. Mengirimkan laporan melalui pos atau kurir ke alamat:

Tim WhistleBlowing System untuk Penyelesaian
Penyimpangan/Pelanggaran
PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero)
Graha Mandiri Jl. Imam Bonjol 61 lantai 3
Jakarta 10310

Hak Cipta © 2017 Kliring Berjangka Indonesia (Persero).
Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang

SICS

PT. Kliring Berjangka Indonesia (Persero)

Graha Mandiri Lt.3 - Jl. Imam Bonjol No.61 Jakarta 10310
Telp : 021 - 39833066 Fax : 021 - 39833715